Beberapa mahasiswa STAIMAFA dari Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) melakukan kunjungan ke Yogyakarta selama 3 hari (. Tujuannya untuk menjalin kerjasama antar kampus dan lembaga-lembaga terkait di Yogyakarta. Mahasiswa yang tergabung dalam Divisi Networking ini terus-menerus berupaya memperluas jaringan sebagai upaya konkrit dalam pengembangan keilmuan serta peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Hari pertama diawali dengan mengunjungi kampus UIN Sunan Kali Jaga dengan program Sharing terkait dengan program kerja BEMJ, kurikulum matakuliah, serta konsep rintisan Desa Binaan bersama Kajur dan Mahasiswa jurusan PMI. Selain itu, follow up dari kunjungan tersebut adalah kerjasama pertukaran mahasiswa dan KKN. Kegiatan seperti ini diharapkan bisa menambah cara pandang lain terhadap mahasiswa STAI Mafa sehingga mereka memiliki wawasan baru tentang program yang ada di Kampus UIN Yogyakarta.
Selanjutnya dihari kedua mahasiswa STAI Mafa mereka melakukan kunjungan di Desa Binaan, Desa Pakem Sleman, yaitu desa yang mengelola  sampah organik maupun non organik untuk dijadikan kompos (organik) dan produk kerajinan seperti tas, dompet,  Soveneir. Di desan tersebut masyarakat paham betul akan potensi sampah yang mulanya berserakan berubah menjadi berkah karena dikelola dengan baik.
Kunjungan berikutnya di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UGM, yaitu sebuah lembaga yang konsen di bidang pembuatan soveneir, sablon, pin, gantungan tas, payung dll. Lembaga ini aktif dalam pemberdayaan masyarakat dengan memberikan lapangan pekerjaan pada masyarakat serta membekalinya dengan pelatihan-pelatihan kewirausahaan agar mereka mampu berkompetisi di dunia kerja dan hidup mandiri.
Dan dihari terakhir mahasiswa PMI mengikuti seminar International dengan tema “Innovation of Science  and Technology For Food energy and Health Sovereignty yang diadakan oleh Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours