Ipmafa Pati - Prodi PMI (Pengembangan Masyarakat Islam) IPMAFA mengadakan diskusi dengan tema “Mengembalikan Spirit Agraria di Tanah Nusantara” (22/06/16). Di kesempatan itu, puluhan mahasiswa PMI cukup antusias mengikuti acara diskusi yang dimulai pukul 16.00 WIB. Hadir sebagai narasumber adalah Edi Sutrisno, Ketua Serikat Petani Indonesia wilayah Jawa Tengah.

Selama diskusi, Edi Sutrisno memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kondisi agraria Indonesia di masa lalu, masa kini dan prediksi kondisi agraria di masa yang akan datang. Ia juga menyinggung banyaknya daerah yang berpindah haluan untuk mengembangkan dunia industri dan meninggalkan potensi asli daerah tersebut yang sebenarnya adalah daerah agraris.

Edi Sutrisno juga menyinggung semakin turunnya minat para pemuda untuk terjun ke dunia pertanian, padahal dalam pandangannya ke depan justru pekerjaan paling menjanjikan adalah pertanian. Hal inilah yang kurang dipahami oleh para pemuda, karena sebenarnya selama manusia masih ada maka selama itu pula kebutuhan produk petani akan terus dicari. “Namun sayangnya lagi, semakin kesini para petani lebih suka menjual lahannya untuk dialih fungsikan menjadi bisnis properti atau bangunan dan lain sebagainya”, sesalnya.

Pada kesempatan itu, Kaprodi dan Sekprodi PMI IPMAFA, Faiz Aminuddin dan Maslihan Ali mengikuti dan mengawal acara diskusi sampai selesai. Acara kemudian diakhiri dengan buka bersama dan ramah tamah para dosen di lingkungan Prodi PMI dengan para mahasiswa.
Share To:

Post A Comment: