PMI IPMAFA Adakan Pelatihan Organisasi Bersama Pemuda Purworejo




Manajemen organisasi adalah bagaimana seseorang dapat membaca peluang dan membuat kegiatan jangka panjang yang dinamis agar organisasi tetap hidup. Untuk itu penting adanya rasa memiliki terhadap organisasi sebagai langkah membangun komunitas dan memupuk kepedulian terhadap masalah yang ada di desanya sendiri.
Demikian Tutur Kamilia Hamidah MA saat mengisi pelatihan organisasi di Balai Desa Purworejo dalam rangkaian acara Gebyar Kepemudaan Desa Purworejo (3/11/2017). Forum kepemudaan tersebut mengangkat tema “Spirit Pemuda memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW”.
Acara yang diselenggarakan oleh Program Studi (Prodi) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) ini bekerjasama dengan beberapa komunitas Pemuda Desa Purworejo diantaranya Karang Taruna, Ikatan Pemuda Masjid Darussalam (IPMD), ANSOR, dan Orang Indonesia (OI).
“Sangat penting dibangun dalam sebuah organisasi adanya sense of belonging yakni rasa memiliki. Karena pemuda yang tidak mempunyai rasa kepemilikan terhadap Desa sendiri maka dia tidak peduli dengan adanya pemuda yang mabuk-mabukan atau sampah yang berserakan di Desanya” Terangnya.
Kamilia mengajak peserta memahami organisasi secara ringan untuk kemudian mempraktekkan. Pemahaman sederhana yang coba ditanamkan pada pelatihan ini melalui pembagian peserta dalam enam kelompok dan di tiap kelompoknya merencanakan konstruksi suatu organisasi dengan klasifikasi nama organisasi yang akan dibuat, cita-cita apa yang dicanangkan, suatu hal yang dapat dibanggakan, dan apa saja yang sudah dimiliki dan apa saja yang sudah dilakukan.
Antusiasme peserta sangat terlihat saat sesi praktek melalui pembagian kelompok, dengan memenuhi semua klasifikasi yang telah dicanangkan untuk kemudian dipresentasikan di depan. Misalnya dari kelompok tiga yang ingin mendirikan organisasi JAWA NOW karena mereka merasa ingin menjaga budaya jawa di tengah arus globalisasi , dan kebetulan dari mereka memiliki ketertarikan dalam kebudayaan beserta keunggulan lain yang mereka miliki untuk upaya mereka memenuhi cita-cita organisasi.(Fiq)

0 Comments