Header Ads

Header Ads

Usai Lakukan KKL, Mahasiswi PMI Direkrut Untuk Ikut Mengembangkan Desa

 


            Masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang telah memberikan pengaruh luar biasa di berbagai sektor termasuk dalam sektor pendidikan. Dalam dunia akademisi, perguruan tinggi juga dituntut untuk mampu beradaptasi sekaligus memberikan kontribusi kepada masyarakat. Hal itulah yang menjadikan Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IPMAFA Pati menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di desa masing-masing atau desa terdekat dengan sesuai protokol kesehatan.

         Kegiatan KKL mahasiswa PMI dilakuakan dua kali yakni KKL-1  yang mengusung tema “Kebijakan Jaminan Pengaman Sosial Melalui BLT DD” yang mana mahasiswa ikut andil dalam segala proses dan penyaluran Bantuan langsung Tunai dana Desa (BLT DD). Sedangkan dalam KKL-2  fokus tema “Mandiri dan Sejahtera Bersama BUM Desa”.  Dalam aktivitas KKL-2 ini, mahasiswa ikut serta dalam pengembangan BUM Desa baik dalam bidang ekonomi maupun pengembangan-pengembangan lainnya.

        Siti Maryati atau sering disapa dengan Maryati merupakan salah satu mahasiswi PMI yang mengikuti KKL, ia memilih Desa Sundoluhur Kecamatan Kayen Kabupaten Pati sebagai tempat KKL. Di Desa tersebut Maryati mampu belajar dan menerapkan berbagai teori yang ia dapatkan sebelumnya di kampus. Selain banyak pengalaman yang Maryati dapatkan, Maryati juga mampu beradaptasi dan memberikan sumbangsih terhadap desa, dengan membantu penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) serta ikut mengembangkan BUM Desa setempat.

            Usai pelaksanaan KKL, Maryati mahasiswi yang pro aktif dan disiplin  ini sekarang diminta dan direkrut untuk tetap membantu desa terutama di bagian BUM Desa Ngudi Makmur, Desa Sundoluhur, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati.