Cirebon – Asosiasi Pendidikan Pengembangan Masyarakat Islam (APPMI) Se-Indonesia menggelar kegiatan perdananya, Rabu-Kamis (26-27/3) di kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kegiatan APPMI tersebut dikordinatori oleh IAIN Syekh Nurjati dan akan dilanjutkan secara bergantian di perguruan Tinggi lain yang tergabung dalam APPMI.
Di sela-sela kegiatan itu, APPMI berkunjung ke balaikota Cirebon dan disambut Wakil Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis MSi beserta para pejabat di lingkungan Pemkot Cirebon. Tujuan kunjungan ke balaikota untuk menjalin komunikasi dengan Pemda dan menjelaskan program-program APPMI ke pemerintah daerah. “PMI punya peluang bersinergi dengan Pemda karena lulusan-lulusannya bisa memberdayakan masyarakat yang bernilai keislaman.” terang Purek II IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof Dr. H. Wahidin Mpd.
Sedangkan Wakil Walikota Cirebon, Drs. Nasrduin Azis menjelaskan, “ Ini bisa menjadi langkah yang bagus untuk menjalin silaturahmi antara pemerintah daerah dan akademisi” terangnya.
Beberapa agenda mengisi kegiatan APPMI tersebut meliputi Seminar Nasional dengan tema “Kedaulatan Sumber Daya Alam diantara Kepentingan Investor dan Masyarakat Lokal”, Diskusi Ilmiah “Rekonstruksi Integrasi Ilmi dan Agama”, Penguatan organisasi APPMI, dan Workshop pengembangan kurikulum APPMI.
Dalam acara itu, ada 9 perwakilan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) yang turut hadir. Kesembilan PTAI itu ialah UIN Syarief Hidayatullah, UIN Sunan Kalijaga Jogyakarta, UIN Surabaya, UIN Bandung, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IAIN Walisongo Semarang, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, STAI Mathali’ul Falah Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah, dan STID Al-Biruni Babakan Ciwaringin.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours