TAHUNAN – sebagai upaya menambah wawasan keilmuan akademik, belasan mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Sekolah Tinggi Agama Islam Mathali’ul Falah (STAIMAFA) Pati berkunjung ke Kota Ukir sejak Jumat (16/5) hingga Minggu (18/5).
Dalam kunjungan itu mahasiswa latihan analisis sosial, latihan advokasi, pengembangan masyarakat pedesaan, participatory rural appraisal (PRA) dan pertanian. Dosen pembimbing Hisyam Zamroni menjelaskan, dari kegiata nini diharapkan mahasisa mampu mengimplementasikan perogram yang diperoleh selama datang di Jepara.
“Dengan kegiatan ini mahasiswa diharapkan paham dan kritis dalam menganailisis persoalan-persoalan yang ada di masyarakat dan juga mampu mendampingi masyarakat dalam mengawal kebijakan dan melakukan pemberdayaan masyarakat” paparnya.
Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa memiliki bekal di masyarakat ketika sudah terjun di pedesaan.
Hal senada diungkapkan ketua BEMJ Staimafa Siswanto. Menurutnya mahasiswa diharapkan mampu menyerap ilmu apa yang telah disampaikan oleh para narasumber. Sehingga mahasiswa mamiliki bekal yang cukup di masyarakat untuk mengimplementasikan program yang trelah didapatkan selama mengikuti pelatihan. (Zen)
Share To:

Post A Comment: