Berita Ipmafa, Senin (25/06/16), akibat bencana banjir dan tanah longsor yang menerjang sebagian wilayah di Jawa Tengah, membuat salah satu mahasiswa PMI IPMAFA tergerak untuk ambil bagian membantu mereka yang terkena musibah banjir. Adalah Muhammad Ghofur, mahasiswa semester IV Prodi PMI yang menjadi relawan penanggulangan bencana di desa Caok Kabupaten Purworejo.

Ghofur bersama rombongan bernama PALUPI (pecinta alam sedulur Pati) dan Kodim Pati berangkat menuju lokasi bencana hari Sabtu 25 Juli pagi pukul 09.00 pagi. Pemberangkatan dibuka dengan apel penyerahan bantuan 100 paket sembako idul fitri yang akan diserahkan kepada korban bencana.

Caok merupakan salah satu desa yang mengalami bencana banjir dan tanah longsor cukup parah. Ketika tiba di lokasi, Ghofur beserta tim Palupi langsung bergerak masuk membantu para korban di daerah wilayah Caok dan Jelok yang sulit diakses. Untuk sampai lokasi membutuhkan kurang lebih satu jam perjalanan karena ruas jalan yang sangat sulit dilalui. Kondisi jalan yang dipenuhi dengan tikungan tajam dan menanjak tinggi membuat mobil rombongan pembawa barang logistik dan relawan kesulitan untuk mencapai lokasi.

Saat tiba di lokasi, kondisi masyarakat desa itu masih memprihatinkan karena belum tersentuh bantuan dari luar. Hampir semua tim relawan termasuk Ghofur tercengang melihat kondisi sekitar bencana yang masih dipenuhi tumpukan tanah dimana-mana. Rumah-rumah mengalami kerusakan cukup parah dan masih terlihat rumah yang terseret longsor. Tim relawan yang tak menuggu waktu lama lagi langsung menyerahkan bantuan kepada para korban.

Selain membagikan bantuan, Ghofur dan relawan lain yang dibantu warga setempat membersihkan jalanan yang masih dipenuhi tanah dan bebatuan. Dalam aksi sosial selama dua hari itu Ghofur dipercaya rekan-rekan relawan dan warga untuk mengumandangkan adzan dan sholawat sebelum sholat isya’ dan trawih berjamaah.


Aksi peduli Ghogur ini mendapat dukungan penuh dari Kepala Prodi PMI Ipmafa, Faiz Aminuddin karena hal itu adalah langkah konkret yang dapat dilakukan untuk membantu meringankan beban korban bencana alam dan itulah sebenarnya karakter para mahasiswa PMI Ipmafa, yaitu peduli dan peka terhadap kondisi sosial masyarakat.
Share To:

Post A Comment: