Margoyoso - Selasa (30/08/2016) para mahasiswa-mahasiswi baru Prodi PMI IPMAFA mengikuti pelatihan pembuatan makalah yang diadakan oleh Prodi PMI dalam rangka memberikan petunjuk bagaimanakah menulis makalah yang baik dan benar.
Prodi PMI menganggap penting pelatihan ini karena saat perkuliahan dimulai para mahasiswa-mahasiswi baru pasti akan mendapatkan tugas dari para dosen untuk membuat makalah, sehingga menjadi wajar bila kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa baru adalah dapat membuat makalah yang sesuai dengan standart.
Sebagai narasumber, Faiz Aminuddin menjelaskan bahwa dalam membuat makalah maka harus melewati prosedur dan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Prosedur dan syarat ini akan menjadikan makalah yang disusun layak untuk dipresentasikan. Bahkan, menyusun makalah merupakan latihan (modal awal) bagi para mahasiswa untuk membuat skripsi di semester akhir nanti.
Lebih lanjut, Faiz juga mengingatkan bahwa salah satu kunci untuk membuat makalah menarik adalah penulis memiliki banyak referensi. Artinya, menjadi mahasiswa tidak boleh alergi terhadap buku, apalagi sampai alergi membaca, dan ini tidak bisa ditawar lagi. Semakin sering membaca, secara otomatis berdampak terhadap kualitas makalah yang disusun.
Sebagai penutup, Faiz yang juga Kaprodi PMI mendorong para mahasiswa baru supaya menjadikan menulis sebagai bagian dari budaya atau tradisi, sehingga nantinya para mahasiswa akan merasa bahwa menulis merupakan kebutuhan bukan sebagai beban. Tutupnya.
Pelatihan ditutup dengan tanya jawab, dan banyak pertanyaan terlontar sebab kesemua peserta adalah mahasiswa baru yang masih awam dengan penyusunan makalah.
Share To:

Post A Comment: