Diskusi Rutinan dengan tema “Mengukuhkan Commmunity Development” dimotori oleh Divisi Inteleketual Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Senin (07-11-2016) menghadirkan narasumber alumni PMI IPMAFA, Siswanto, S.Sos I.

Siswanto adalah alumni angkatan ke-4 yang saat ini melanjutkan studi S2 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Konsentrasi Interdisiplinary Islamic Studies. Diskusi yang dimoderatori Muhammad Azwar Anas berlangsung di Aquarium lantai 2 IPMAFA dan dihadiri para mahasiswa PMI dan Ketua Prodi PMI Bpk Faiz Aminuddin.


Siswanto memaparkan banyak hal tentang konsep pemberdayaan masyarakat seperti pola strategi pemberdayaan, pendekatan dengan masyarakat, langkah dan pelaksanaannya. Hal ini sangat penting dalam konteks “mengukuhkan Commmunity Development”.

“Pemberdayaan adalah langkah penguatan terhadap masyarakat agar tidak terjadi kesenjangan. Posisi masyarakat dalam pemberdayaan sebagai subject untuk menciptakan paradigma pembangunan, intelektual, sumber daya manusia (SDM), dan sektor managerial." jelasnya.

"Konsep dari Non Government Organization (NGO) dalam pembangunan dan pengentasan kemiskinan harus dikaitkan dengan tata relasi yang demokratis, transparan dan diakui oleh publik, serta transformasi ekonomi menjadi komunitas yang mandiri dan berbasis pada sumber daya atau kearifan lokal.” Begitu sepenggal materi yang disampaikan mahasiswa yang akrap disapa Mas Sis pada diskusi tersebut.

Faiz selaku Kaprodi PMI memberikan motivasi pada mahasiswa bahwa saatnya mahasiswa dapat mengisi pos-pos penting di pemerintahan. "Kita semua berangkat dari PMI, mari bersama-sama kita buktikan bahwa PMI itu bisa dibidang pengembangan masyarakat. tegasnya.
Share To:

Post A Comment: