Sabtu, (31/12/16) mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) mengikuti kegiatan pembekalan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang bertempat di ruang meeting lantai 1 kampus Institut Pesantren Mathali’ul Falah. Kegiatan yang diadakan oleh Prodi PMI ini diikuti oleh semua mahasiswa PMI semester V dan diisi oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Pengembangan Masyarakat, Sri Naharin MSi.

Dengan adanya tugas Kuliah Kerja Lapangan ini mahasiswa didorong untuk mengembangkan dan menerapkan wawasan akademik yang diperoleh dari bangku kuliah dengan realitas dinamika kehidupan masyarakat yang ada.

Sri Naharin menyampaikan bahwa mahasiswa selama di ruang kuliah banyak bersentuhan dengan teori-teori pembangunan, pengembangan dan perubahan sosial masyarakat yang semua itu banyak dilakukan dengan pendekatan teoritik normatif dan akademik murni. Sementara rumusan-rumusan teori yang ada diangkat dari kenyataan empiris dalam kehidupan masyarakat. Maka dengan adanya dinamika kehidupan tersebut mahasiswa diharapkan tidak hanya mampu menganalisis dinamika kehidupan masyarakat secara teoritis, tetapi juga  secara praktis empiris.

Hasil analisis empiris ini pada gilirannya dapat memberikan bekal bagi mahasiswa dalam memberikan kontribusi bagi perubahan, pembangunan dan pengembangan masyarakat yang menjadi sasaran studi. “Temuan-temuan yang diperoleh dalam kenyataan empiris dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk penguatan teori yang ada atau bahkan dapat merumuskan teori baru” jelasnya.

Selain menyampaikan materi pebekalan, dosen yang aktif dalam pemberdayaan masyarakat Pati ini juga memberikan motivasi pada mahasiswa. “Selalu ingat tujuan awal kalian. Kalian hanya sebagai peneliti, perhatikan dan patuhi proses komunikasi dengan baik, supaya kalian dapat mengamati apakah sebuah komunitas tersebut dapat menjadi lembaga pendorong percepatan pembangunan atau tidak”tuturnya.
Share To:

Post A Comment: