Mahasiswa PMI dan UKM Germawi Gelar Sekolah Pemberdayaan Bertajuk Sampah Bukan Lagi Polusi

Pengurus Bank Sampah Sumber Berkah, Juanalan, Pati Kidul, Pati, saat menyampaikan materi dalam Sekolah Pemberdayaan kepada masyarakat, mahasiswa IPMAFA dan para santri, Sabtu (2/3/24).

Pati - Mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Mahasiswa Wibawa (Germawi) melakukan studi kunjungan di Desa Sumber Berkah Juanalan, Kecamatan Pati Kidul, Kabupaten Pati, Sabtu (2/3/24).

Kegiatan kunjungan bertajuk Jadikan Sampahmu Solusi, Bukan Polusi tersebut merupakan rangkaian program “Sekolah Pemberdayaan” yang diinisiasi Prodi PMI dan bekerjasama dengan UKM Germawi IPMAFA.

"Program Sekolah Pemberdayaan merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Prodi PMI Ipmafa. Pada kesempatan ini sebagai lokasi kegiatan adalah di Bank Sampah Sumber Berkah Juanalan Pati Kidul," tutur Sekretaris Prodi PMI, Habiburrohmah Aksa.

Ketua Panitia Sekolah Pemberdayaan, Nabila Azza menuturkan bahwa sekolah pemberdayaan kali ini difokuskan pada kegiatan daur ulang sampah menjadi nilai tambah ekonomis untuk keluarga.

"Karena sampah kalau dikelola dengan baik akan menghasilkan berkah tersendiri bagi pengelola," ungkap Azza.

Ia berharap belajar langsung bersama praktisi di Bank Sampah Sumber Berkah, segenap mahasiswa IPMAFA mampu mengaplikasikan dalam pemilihan sampah dan menjadikannya bernilai tambah ekonomis.

Azza menambahkan, melalui kegiatan ini, mahasiswa berkesempatan mengajak masyarakat, mahasiswa dan santri untuk bersama-sama menerapkan pola hidup sehat dengan membuang sampah pada tempatnya.

Hal senada juga disampaikan Rini (45th) selaku narasumber sekaligus pengurus Bank Sampah Sumber Berkah. Ia mengajak segenap mahasiswa untuk peduli dengan menjadikan sampah menjadi solusi bukan polusi.

"Kalau sampah dikelola dengan baik bisa dijadikan sebuah kerajinan tangan seperti vas bunga, taplak, tas, wadah tisu, lampion, piring, mangkok dan seabrek kreatifitas lainnya," terang Rini.

Rini menambahkan Bank Sampah Sumber Berkah juga memberikan pelayanan kepada para nasabah yang ingin menabung sampah. Menurutnya, sampah masyarakat akan menjadi berkah dengan cara ditabung di Bank Sampah.

"Awalnya sampah dibuang begitu saja, tetapi sekarang menjadikan nilai tambah tersendiri bagi para nasabah Bank Sampah," pungkasnya. (Siswanto/za-01)

0 Comments