PATI – Untuk memeringati Hari Santri Nasional, mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Institute Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) menggelar aksi donor darah, Rabu (21/10/2015). Kegiatan itu juga untuk memeringati Haul Syekh Muyamakkin, Kamis (22/10/2015) besok.
“Kebetulan, Hari santri Nasional bertepatan dengan Haul Syekh Mutamakkin. Kami peringati bersama dengan aksi donor darah,” ujar Ketua Panitia Aksi Donor Darah, Muhammad Labib.
Ia menilai, aksi kemanusiaan menjadi spirit umat Islam paling tinggi. Karena itu, aksi kemanusiaan dengan berbagi darah menjadi semangat mahasiswa IPMAFA dalam menyambut Hari Santri Nasional.
“Santri menjadi pioner dan pengganti estafet kepemimpinan pemuka agama di masa depan. Ini menjadi salah satu aksi kecil kami untuk berbagi kepada sesama, agama dan negara,” terangnya.
Karena itu, pihaknya akan berupaya mengagendakan aktivitas kemanusiaan dalam rangka mengimplementasikan substansi dan spirit Islam tersebut.
“Islam itu selamat, sejahtera dan damai. Jadi, setiap umat Islam berkewajiban memberikan kedamaian di sekitarnya. Islam itu erat hubungannya dengan kemanusiaan. Inilah misi yang akan kami bawa dalam Hari Santri Nasional besok,” paparnya.
Hari Santri Nasional, kata dia, harus dimaknai sebagai upaya pelibatan kiprah santri kepada agama, bangsa dan negara. Karena itu, hal itu menjadi amanah yang harus dijaga dengan baik.
“Hari ini, kami menggelar aksi donor darah sebagai bentuk kepedulian santri kepada sesama manusia. Ada sekitar 150 santri yang ikut berbagi di sini,” tandasnya. (LISMANTO / ALI MUNTOHA)
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours