Selasa (16-08-2016). Safari KKN adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Program Studi (Prodi) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) yang bertujuan menjalin silaturahmi dan belajar secara langsung di posko-posko KKN mengenai program-program pengembangan masyarakat yang sedang dijalankan. 

Kegiatan ini disambut antusias oleh para mahasiswa dari berbagai prodi khususnya mahasiswa PMI. Puluhan mahasiswa PMI dan lintas prodi, serta dari semester yang berbeda tidak mau ikut ketinggalan.  Sambutan Hangat pun datang dari peserta KKN TEMATIK IPMAFA yang bertempat di Kecamatan Gembong Pati  Jawa Tengah.


Sekretaris HMPS PMI Ahmad Izzul Fahmi memaparkan “Ada 4 titik posko KKN Tematik yang kami kunjungi, setiap posko yang kami kunjungi digelar acara diskusi intensif dan komprehensif yang dikemas dengan sarasehan bersama dengan peserta KKN setempat” begitu pemaparan dari pria berkacamata ini.

Azwar Anas, ketua KKN Tematik IPMAFA Desa Sumbermulyo menuturkan bahwa KKN diharuskan memenuhi 4 pilar misi yang kita bawa dari kampus meliputi ekonomi, pendidikan, kesehatan dan ingkungan.


Posko KKN tematik yang tak kalah menarik adalah di Desa Plukaran. Di sana tim safari ditunjukkan salah satu program unggulannya berupa packing kopi khas plukaran yang berhasil meningkatkan nilai jual di pasaran. Selain itu diadakan pula program rumah pintar, pembuatan kompos dari arang sekam dll. Semua program itu dalam rangka pemberdayaan masyarakat di daerah tersebut.


"Terima kasih atas kunjungan Tim Safari KKN HMPS PMI. Ini merupakan kebanggaan bagi kami, mudah-mudahan kebersamaan seperti ini terus dipertahankan tidak hanya oleh rekan-rekan HMPS PMI. Kami kakak kelas menyampaikan perlunya peningkatan belajar di dalam maupun luar kampus mengingat teori yang didapat saat di kampus belum mencukupi untuk terjun di masyarakat ," tutur Lum’atun Nadzifah, Ketua posko KKN tematik Gembong,
Share To:

Post A Comment: