Sarasehan penyambutan mahasiswa baru Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (Prodi PMI) Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) berlangsung hangat di antara mahasiswa PMI (21/9). Sarasehan diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PMI sebagai upaya melestarikan budaya penyambutan mahasiswa baru PMI. Itulah yang dilakukan kemarin.

Acara yang bertempat di auditorium IPMAFA ini dihadiri rekan-rekan mahasiswa PMI mulai mahasiswa junior maupun senior dan beberapa alumni PMI diantaranya Nur Khoiriyah mahasiswa yang menempuh S2 di UGM,  Wivaqussaniah alumni yang aktif di NGO Sheep Pati dan Kunarti peneliti di Pusat Fiqh Sosial IPMAFA. Hadir pula Kamilia Hamidah salah satu dosen tetap PMI, Faiz Aminudin Kaprodi PMI dan Maslihan Ali Sekprodi PMI.

Wakil Ketua HMPS PMI Intan Larasati dalam sambutannya memaparkan tujuan kegiatan tersebut untuk menyambut mahasiswa baru PMI, menyambung silaturahmi antar sesama mahasiswa dan alumni, serta sharing tentang ke PMI-an. Harapannya hal itu dapat membuka wawasan mahasiswa baru tentang visi-misi PMI sekaligus memotivasi mereka untuk giat belajar.

Acara semakin menarik ketika Wiva menceritakan pengalamannya lalu mengajak para audien untuk membuat kelompok dan diajak menonton sebuah film yang menggambarkan peran PMI di era kontemporer ini dan menganalisa strategi pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan, serta kelebihan dan kekurangan model pembangunan dari film tersebut. Kegiatan itu untuk mendorong mahasiswa baru mempunyai gambaran singkat tentang PMI.


Faiz Aminudin pada closing statement mengapresiasi acara ini, “Karena mungkin kalau tidak ada acara ini kita tidak akan bisa kumpul bareng. PMI dilihat dari sejarahnya yg lahir dari spirit Mbah Sahal dalam pengembangan masyarakat sampai mendirikan Badan Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat  yang kemudian menjadi embrio berdirinya Prodi PMI. Kalian masuk di PMI termasuk nguri-nguri spirit Mbah Sahal dalam pengembangan Masyarakat”, terang dosen yang kerap disapa Pak Faiz ini. 
Share To:

Post A Comment: