Margoyoso, Pati. Jumat (04/11/16) Prodi PMI (Pengembangan Masyarakat Islam) IPMAFA mengadakan ziarah para Ulama’ yang ada  di Kabupaten Pati. Jumlah para ulama’ yang diziarahi rombongan Prodi PMI ini berjumlah Sepuluh. Ziarah diikuti oleh Kaprodi dan Sekprodi PMI serta para mahasiswa PMI.

Zaiarah ini meliputi Sunan Makdum Pati, Syaich Jangkung Kayen, Mbah Ahmad Mutamakkin Kajen, Mbah Ronggo Kusumo Ngemplak, Mbah Ahmad Mizan Margotuhu, Mbah Hendro Kusumo Pati, Sunan Prawoto atau Raden Bagus Hadi Mukmin Sukolilo, Mbah Sholeh Tayu, Mbah Hasbullah Kembang Dukuhseti dan Mbah Muhammad Karim Gembong.

Menurut Faiz Aminuddin selaku Kaprodi PMI, kegiatan ini bertujuan mengenalkan para ulama yang ada di Pati dan mengajak para mahasiswa untuk rehat sejenak dari rutinitas perkuliahan agar melatih juga olah batin, selain memang untuk ngalap berkah untuk kemajuan Prodi PMI dari para ulama yang sudah terbukti memberikan sumbangsih nyata terhadap syiar Islam yang ada di Kabupaten Pati.

Sementara dalam pandangan Mahasiswa PMI semester I Muhammad Atsani yang juga mengikuti kegiatan ziarah tersebut menjelaskan, “meskipun saya orang Pati tetapi belum pernah mendatangi makam-makam para Wali yang ada di Pati, jadi ini malah pengalaman pertama bagi saya, dan jujur beberapa nama Ulama’ saya baru mengenalnya”, ujarnya.

Setelah acara ziarah para Ulama’ selesai, banyak para mahasiswa yang menginginkan supaya acara sejenis dapat dilaksanakan secara continue, terlebih mereka cukup merasakan manfaat dari kegiatan ini, karena ada semacam semangat spiritual yang muncul setelah mengikuti ziarah para Ulama’ ini.
Share To:

Post A Comment: