Foto Petugas PMI Cab. Pati (baju Merah) Bertugas Melayani Para Pendonor

Pati- Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) semester V Institut Pesantren mathali’ul Falah (IPMAFA) bersama dengan Ikatan Pemuda Masjid Darussalam (IPMD) Soneyan Desa Purworejo Kabupaten Pati menyelenggarakan kegiatan donor darah dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad saw Sabtu (17/12/16) kemarin. 

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Pati, kegiatan ini diikuti oleh lintas kalangan meliputi mahasiswa IPMAFA lintas Program Studi, pemuda desa dan masyarakat setempat. Antusiasme masyarakat cukup besar mengingat pelopor dari kegiatan ini adalah mahasiswa dan para pemuda yang tergabung dalam komunitas berbasis masjid.

Aksi sosial tersebut berlangsung pada pukul 13.00 wib sampai jam 16.00 wib dan tercatat lebih dari 40 kantong darah terkumpul dari siang hingga sore hari. Meski sempat terjadi turun hujan, namun tidak menyurutkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan sehingga berjalan lancar sampai selesai.

“Alhamdulillah kegiatan aksi donor darah ini dapat memenuhi target yang kami bidik, dan yang paling penting dapat terlaksana bersama para pemuda masjid” tutur Khoirun Niam, salah satu mahasiswa Prodi PMI. Mahasiswa PMI yang fokus dalam pembangunan sosial memang sering mengadakan kegiatan sosial berupa kegiatan donor darah seperti ini.

Niam menambahkan bahwa setiap tahun PMI mengadakan kegiatan semacam ini, biasanya dilaksanakan pada bulan Syuro. Dalam beberapa kesempatannya, panitia pelaksana dari mahasiswa PMI selalu mempersiapkan segala kebutuhan dan perlengkapannya dengan matang, dan kali ini kegiatan berlangsung dalam lingkup lokal desa.


Antusiasme Mahasiswa dalam kegiatan Donor Darah. Tampak Petugas PMI Memeriksa Tekanan darah


Persiapan kegiatan donor darah di samping masjid Darussalam Soneyan Desa Purworejo


Share To:

Post A Comment: