Setelah Ujian Akhir Semester (UAS), kegiatan mahasiswa biasanya longgar karena diikuti libur semester dan menunggu hasil ujian serta persiapan administrasi mahasiswa memasuki semester berikutnya. Bagi mahasiswa PMI, beragam kegiatan yang dilakukan untuk mengisi di sela-sela waktunya. Kali ini mahasiwa PMI yang terikat dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) IPMAFA mengadakan acara "Ngobrol Pintar (Ngopi)" dengan Kunarti S.Sos.I, kakak alumni PMI angkatan ke-2 yang sekaligus menjadi Staf Pusat Studi Fiqih Sosial IPMAFA (Rabu, 11/1/2017). Rencananya kegiatan ini akan dilanjutkan tiap minggunya selama liburan. 

Dalam pertemuan perdana yang didampingi Muhammad Azwar Anas, mahasiswa PMI semester 7 serta diikuti beberapa Mahasiswa PMI dan KPI ini berlangsung di Kantin IPMAFA. Forum itu membahas hal-hal yang ringan seputar PMI sebagai forum refkeksi untuk mengambil pelajaran bagaimana dinamika mahasiwa dan paradigmanya dalam konteks hubungan antara mahasiswa senior dan junior serta sesama teman di masa itu. Hal tersebut menjadi penting bagi mahasiwa sekarang sebagai pelajaran jika terdapat hal-hal yang positif yang belum dapat dilakukan oleh mahasiwa sekarang.

Kunarti menjelaskan bahwa dulu mahasiswa PMI yang paling diutamakan adalah aktivitas akademik serta hubungan Internal Kampus. “Pertama Aktivitas akademik karena kita tujuan pertama masuk ke kampus itu kan mau mencari ilmu. Maka kita awali dulu di aktivitas akademik serta menguatkan hubungan internal Kampus” ungkapnya. 

Hal ini tentu agak berbeda dengan kondisi saat ini yang banyak fokus pada hubungan luar Kampus sehingga perlu upaya kembali untuk membumikan PMI di lingkungan internal kampus. Lebih lanjut Kunarti menyampaikan bahwa dahulu PMI banyak disalahpahami secara sempit oleh mahasiswa karena terbatas pada pengembangan masyarakat seperti bertani, beternak dll. Namun pada akhirnya PMI dapat diterjemahkan secara lebih luas daripada itu.

“Dari cerita mbak Kunarti tentu harapan saya ingin menyetarakan dengan menguatkan internal PMI” ungkap Muhammad Ja'far Amir, salah satu mahasiswa PMI dalam sesi sharing bersama. 

(Doc. HMPS PMI)
Share To:

Post A Comment: