Jum'at , (30/12/2016) Mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Institut Pesantren Mathali'ul Falah (IPMAFA) melaksanakan kunjungan ke Gerbang Majapahit dan Museum Pati Ayam.

Kunjungan ini di inisiasi oleh Faiz Aminddin, Ketua Prodi yang sekaligus dosen Antropologi sebagai kegiatan pengamatan langsung oleh mahasiswa ke tempat-tempat yang menyimpan artefak bersejarah.

Kunjungan yang diikuti oleh Sekretaris Prodi PMI Maslihan Ali serta puluhan mahasiswa PMI ini secara serius dilakukan oleh para mahasiswa. "Dengan mengerti sejarah, mahasiswa akan semakin memahami identitasnya sebagai warga Pati" jelas Faiz di awal perjalanan.

"Dari relief yang tergambar di pintu Majapahit menceritakan tentang kehancuran kerajaan dengan hidup foya-foya" tambah Faiz ketika di depan pintu Majapahit.

Siti Asmah, seorang penjaga dan pemelihara Museum Pati Ayam Kecamatan Jekulo Desa Terban memberi penjelasan bahwa museum tersebut termasuk penemuan artefak terbanyak yang ada. "Pati Ayam semakin dikenal masyarakat khususnya yang ingin belajar sejarah lebih jauh" ungkapnya.

Kunjungan diakhiri dengan kunjungan ke Masjid Wali Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus yang termasuk peninggalan Sunan Kudus.

Kegiatan kunjungan ke situs-situs sejarah merupakan spirit mahasiswa PMI yang sesuai dengan pesan Proklamator Indonsia Ir. Soekarno bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya.

Share To:

Post A Comment: