Pati (14/10/2017) "Focus Grup Discusion (FGD) merupakan diskusi kelompok terfokus dalam suatu proses pengumpulan informasi mengenai suatu masalah dengan spesifik pada suatu desa", tutur Nur Khoiriyah MA dalam simulasi proses FGD pada mata kuliah Participatory Rural Appraisal (PRA). 

Teknik ini menjadi inti dalam Program Studi (Prodi) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) mengingat dalam proses pemberdayaan masyarakat kita harus mengetahui kondisi atau permasalahan yang dihadapi oleh suatu desa sehingga ini merupakan salah satu langkah awal dari pemetaan sosial (sosial maping).


Lebih lanjut Khoir membekali mahasiswa agar dalam proses FGD, pegiat sosial harus menggunakan bahasa yang dapat diterima masyarakat. "Gunakan bahasa fasilitator yang dapat memahamkan masyaraakat", tuturnya.


Siti Nihayatul Maunah selaku mahasiswa yang bertugas menjadi fasilitator mengaku sangat terbantu dengan adanya simulasi ini karena dapat menjadi wadah untuk belajar, karena menghadapi masyarakat yang beragam butuh kedisiplinan dan kepekaan yang tinggi . (Rofiq)
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours