Header Ads

Header Ads

Karakteristik Seorang Pengembang Masyarakat


“Seorang Pengembang Masyarakat itu bukan berperan sebagai penghubung antara masyarakat dengan Pemerintah. Karena ketika Pengembang Masyarakat merencanakan suatu program pengembangan masyarakat dan diajukan kepada dinas pemerintahan maka akan sulit tembus. Namun ketika sudah memiliki bukti nyata maka dengan sendirinya pemerintah akan memberikan dukungan.” tutur Dr Aziz Muslim MPd di hadapan mahasiswa PMI lintas semester dalam Kuliah Umum Prodi PMI, Jumat, (5/10/2018). 

Lebih lanjut dalam pemaparannya Aziz menjelaskan bahwa seorang pengembang masyarakat harus sadar posisinya sebagai partner masyarakat yang senantiasa kerja bersama untuk membantu masyarakat.Selain itu, Aziz dalam materinya menggambarkan begitu jelas prospek lulusan PMI. Diantaranya adalah sebagai seorang wirausaha sosial. Sebagai pengembang masyarakat tentu dituntut memiliki kreatifitas, mampu memberdayakan orang untuk membuat produk dan memasarkan, sehingga bisa mengangkat perekonomian masyarakat.

“Ekonomi kreatif saat ini adalah bagaimana kita punya kreasi, memberdayakan orang untuk membuat itu, dan melakukan pemasaran yang menarik. Sehingga antara masyarakat dan anda sebagai pengembang masyarakat saling membutuhkan.” tambahnya.

Selain kreatifitas, seorang wirausahawan sosial juga harus peka dengan keadaan sekitar. Ia dapat melihat suatu hal yang menjadi masalah dan dengan bekal pembelajaran di bangku kuliah mampu mencarikan solusi yang berdampak positif bagi masyarakat.

Dengan demikian, seorang pengembang masyarakat akan selalu berinovasi dan mengasah kreatifitasnya untuk melihat peluang yang ada. (fiq)