Header Ads

Header Ads

Perhatikan Masalah Pangan, Chamid Mahasiswa PMI Juara III Pemuda Pelopor 2021 di Kabupaten Pati

Abdul Chamid atau sering disapa dengan Chamid merupakan salah satu mahasiswa program studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) yang aktif dan kompetitif baik di dunia akademik maupun non akademik. Selain mengerjakan kewajibannya sebagai mahasiswa  Chamid juga mengikuti Forum Pemuda Pelopor yang diadakan oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pati Tahun 2021 yang mengusung tema "Wujudkan Kemandirian Bangsa Melalui Kepeloporan Pemuda".

Diadakannya kegiatan pemuda pelopor memiliki tujuan agar para pemuda memiliki jiwa kepeloporan dan mampu mengembangkan potensi diri, memiliki terobosan baru yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat baik di bidang pendidikan, sosial, budaya, agama, pariwisata dan pangan. 

Fokus dan perhatian di bidang pangan, Chamid mengangkat tema "Masalah Sosial: Produktifitas Ekonomi Masyarakat Agraris di Pedesaan (Analisis studi kasus produktifitas petani sawah di Bulumanis Lor). Alasan Chamid mengangkat tema tersebut karena masyarakat yang mayoritas petani sudah seharusnya melek teknologi terhadap inovasi baru khususnya bidang pertanian" dimulai dari sektor pengolahan lahan hingga penggunaan bahan pestisida yang mana keduanya dapat mempengaruhi kualitas tanah. Selain itu, petani juga tidak tergerus oleh globalisasi dan regenerasi pertanian akan continoe ketika mampu terbuka dengan teknologi guna mengoptimalkan efesiensi kerja dalam memanfaatkan sumberdaya alam yang ada.

Terlepas dari soal itu, keadaan pencemaran air lindur di desa, bisa menciptakan teknologi alternatif berbasis filterisasi air untuk mngurangi kadar racun yang merugikan bioorganisme yang menguntungan terhadap persawahan di desa Bulumnis Lor Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati.