Fakultas Dakwah IPMAFA Launching Dua Jurnal Sekaligus

   

Foto Bersama usai peresmian secara simbolis launching Jurnal Fakultas Dakwah IPMAFA, Al-I'timad dan Mu'ashir di Aula II, Rabu (31/05/2023).

Redaksi IPMAFA – Al-I’timad dan Mu’ashir merupakan dua jurnal baru yang berhasil diluncurkan Fakultas Dakwah Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) di Aula II pada Rabu (31/05/2023) dan diikuti 42 peserta, terdiri dari dosen dan mahasiswa.

Al-I’timad merupakan Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) yang diterbitkan oleh Program Studi (Prodi) PMI.

Ia sekaligus menjadi wadah bagi para akademisi untuk berkontribusi karya penelitian dan tulisan mereka tentang pengembangan masyarakat, pengembangan ekonomi masyarakat, pemberdayaan masyarakat, advokasi sosial, pendampingan masyarakat, pengembangan sosial, kebijakan sosial, hingga masalah sosial.

Sedangkan Mu’ashir merupakan Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam yang diterbitkan oleh Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IPMAFA. Mu’ashir terbit dua kali dalam setahun (Mei dan Oktober). Ia didedikasikan untuk publikasi hasil penelitiankajian dakwah dan komunikasi Islam.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPMAFA M. Sofyan Alnashr M.Pd.I menuturkan selain menambah jumlah jurnal yang sudah ada sebelumnya, terbitnya Al-I’timad dan Mu’ashir semakin meramaikan khazanah ilmu pengetahuan dan sumber referensi semua kalangan.

“Jadi ini buah dari perjuangan teman-teman semuanya saya kira, baik dari tim Al-I’timad dan Mu’ashir. Juga suatu kebanggaan karena di tahun 2018 kami hanya mentargetkan 3 jurnal yang akan bertambah dari masing-masing fakultas, baik Tarbiyah, Syariah, dan Dakwah. Ternyata di luar ekspektasi lebih dari itu tahun ini ditampilkan tadi sudah ada 8 jurnal di Jurnal IPMAFA,” terang Sofyan.

 Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPMAFA M. Sofyan Alnashr M.Pd.I saat memberikan sambutan dalam Launching Jurnal Fakultas Dakwah IPMAFA, Al-I'timad dan Mu'ashir di Aula II, Rabu (31/05/2023).

Ia menambahkan, jurnal penelitian menjadi wadah penting dalam menampung ide, gagasan dan penelitian dosen sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Secara umum, hasil penelitian dosen maupun mahasiswa yang diterbitkan pada jurnal untuk menyebarkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat.

Sofyan berharap terbitnya dua jurnal tersebut dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kalau tidak dipublikasikan, ya kita tidak akan tahu apa yang sudah dilakukan. Jika karya sudah diterbitkan, maka akan menjadi konsumsi publik, bisa dilihat, dibaca,” katanya.

Himbauan Warek 1: Kelola Serius!

Dalam kegiatan Launching tersebut, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. A. Dimyati melalui sambutannya, menghimbau kepada LPPM dan pengelola semua jurnal yang ada untuk dapat mengelola jurnal dengan serius, dan mencermati dengan betul apakah naskah yang masuk sesuai dengan format jurnal ilmiah atau tidak.

“Sebuah prestasi tersendiri karena sudah semakin banyak wahana, banyak media untuk kita menuangkan gagasan ilmiah di jurnal kita sendiri, tanpa harus bergantung pada jurnal lain,” terang Dimyati.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. A. Dimyati saat memberikan sambutan dalam Launching Jurnal Fakultas Dakwah IPMAFA, Al-I'timad dan Mu'ashir di Aula II, Rabu (31/05/2023).

Selain himbauan, Dimyati juga mengucapkan selamat atas terbitnya dua Jurnal Fakultas Dakwah tersebut dan berharap menjadi salah satu mercusuar ilmu pengetahuan.

“Selamat kepada Fakultas Dakwah, LPPM yang sudah mendapatkan Jurnal Al-I’timad dan  Mu’ashir. Mudah-mudahan ini menjadi salah satu mercusuar ilmu bagi Fakultas Dakwah khususnya,” ucapnya. (Nis-03/Uha-01)

0 Comments