Peduli Kelestarian Sungai, Prodi PMI IPMAFA Adakan RESIK KALI

  

Kegiatan Resik Kali Sungai Waturoyo, Margoyoso, Pati oleh Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IPMAFA bersama Dosen, Banser, IPNU dan masyarakat sekitar (18/06/23).

Kabar DEMA - Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar, Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IPMAFA mengadakan kegiatan bersih sungai-Resik Kali, Minggu (18/06/23).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Prodi PMI, diikuti oleh perwakilan mahasiswa PMI, Dosen, Banser, IPNU dan masyarakat sekitar juga turut hadir untuk membantu membersihkan sampah yang ada di sepanjang aliran sungai Waturoyo.

Sungai Waturoyo menjadi salah satu objek pertama yang akan dibersihkan, mengingat sungai ini berjarak dekat dengan rumah warga, keadaan sungai cukup kotor sehingga dikhawatirkan memberikan dampak buruk bagi warga jika dibiarkan dan tidak dibersihkan.

Foto Bersama Mahasiswa PMI IPMAFA bersama dosen, Banser, IPNU dan masyarakat sekitar usai Resik Kali Sungai Waturoyo, Margoyoso, Pati (18/06/23).

Ketua penyelenggara kegiatan, Zaim Abdul Haris mengungkapkan kegiatan ini berawal dari celetukan salah satu mahasiswa PMI ketika diskusi ringan. Mereka merasa prihatin melihat kondisi sungai sekitar kampus IPMAFA yang kotor dipenuhi sampah, sehingga tercetuslah acara ini.

“Resik Kali ini mulanya hanya sebatas guyonan saat njagong mahasiswa karena melihat keadaan kondisi sungai di sekitar Margoyoso yang memprihatinkan, tak disangka guyonan tersebut mendapat feedback dari Kaprodi PMI,” ungkap Zaim.

Zaim berharap melalui kegiatan ini masyarakat terbiasa hidup bersih, sadar akan pentingnya kebersihan sungai dan alam sekitar, terutama paska kegiatan Resik Kali yang diadakan oleh Prodi PMI IPMAFA.

“Kami berharap semoga acara seperti ini bisa dilaksanakan dalam jangka panjang agar sungai-sungai yang ada, khususnya daerah Margoyoso tetap bersih dan tidak menimbulkan bencana untuk warga sekitar,” tambah Zaim.

Antusias Kalangan Umum

Resik Kali tak hanya diikuti Mahasiswa PMI dan Dosen IPMAFA saja, tapi masyarakat sekitar juga antusias menyukseskan acara tersebut.

Falih, salah satu anggota Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Margoyoso mengungkapkan bahwa ia sangat senang dapat membantu kegiatan Resik Kali yang menurutnya sangat bermanfaat dan tidak segan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Tampak Corps Brigade Pembangunan (CPB) IPNU Margoyoso turut serta dalam kegiatan Resik Kali Sungai Waturoyo bersama Mahasiswa PMI IPMAFA 18/6/23.

"Kami sangat menyambut baik dan positif dengan acara yang diadakan oleh Prodi PMI ini dan jika ada lagi acara seperti ini, Insya Allah kami akan ikut berpartisipasi lagi," ujar Falih.

Falih juga berharap dengan adanya Resik Kali ini, kepedulian terhadap kebersihan lingkungan muncul dari diri masyarakat dan memiliki rasa untuk terus menjaga kebersihan lingkungan.

“Diharapkan masyarakat sekitar tidak membuang sampah sembarangan, karena sungai bukanlah tempat untuk membuang sampah. Jika kita baik dalam memperlakukan alam, maka alam akan memberikan feedback yang baik kepada kita semua,” pungkasnya. (Syarifatun Sa'adah-Media DEMA I/Nis-03/Uha-01)

0 Comments