Dosen PMI Edukasi Warga untuk Manfaatkan Limbah Dapur Menjadi POC

 


Jepara, Selasa, (05/09/23). Segenap Mahasiswa Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bumiharjo Kecamatan Keling Kabupten Jepara membekali warga untuk memanfaatkan limbah dapur menjadi Pupuk Organik Cair (POC).

Kegiatan yang dinarasumberi oleh Siswanto,MA salah satu dosen IPMAFA Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) ini menjelaskan, “bahwa sebelum membuat POC yang perlu disiapkan adalah medianya, mulai blung atau ember, limbah dapur, leri, sisa buah-buahan,sayur,mayur, dedaunan, tets tebu, dan Em4. Apabila medianya sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah menaruh jenis limbah dapur tersebut pada blung yang sudah disiapkan. Baru setelah itu,dikasih air secukupnya, dikasih em4, tetes tebu, dan baru diaduk rata untuk mempercepat proses fermentasi.”terangnya.

“Beliau juga menambahkan, setelah melalui beberapa proses dan blung atau ember dipastikan ditutup rapat. Setelah itu setiap dua hari sekali  untuk selalu dipantau dan dicek, guna mengetahui sejauhmana proses feremntasi tersebut bereaksi.” Tandasnya. “Adapun untuk bisa menjadi POC yang berkualitas, paling cepat minimal dua minggu setelah praktek pembuatan POC. Baru hasilnya bisa dimanfaatkan untuk menyirami tanaman di sekitar perkarangan rumah warga.”tambahnya.



    Selain itu, menurut Ismatul Saidah selaku penanggungjawab kegiatan pembuatan POC berharap setelah diadakan praktik pembuatan POC, peserta yang mengikuti kegiatan ini mampu membuat POC secara mandiri. Selain itu juga, harapnnya kedepan limbah dapur yang ada di masing-masing rumah warga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan POC. Sehingga limbah dapur yang semula dibuang di drainase maupun di kali bisa dimanfaatkan untuk dijadikan POC. Terangnya. 

    Adapun kegiatan ini diikuti dari Babinsa, warga setempat, gabungan kelompok tani (gapoktan), ibu-ibu PKK, dan segenap mahasiswa yang sedang KKN di Desa Bumiharjo Keling Jepara.



0 Comments