Mahasiswa Prodi PMI Studi Kunjungan di BPSIP

 


Pati_ (Senin, 10/10/2023) Segenap civitas akademik Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) melakukan studi kunjungan di Balai Pengujian Standar Isntrumen Lingkungan Pertanian (BPSIP) Desa Sidomukti Kecamatan Jaken Kabupaten Pati.



Kegiatan dimulai dengan perkenalan dan pemaparan dari pihak BPSIP,  Eni Yuliana selaku  Admin BPSIP menjelaskan tentang pembuatan biochar, tanaman ramah lingkungan, dan pemaparan terkait pentingnya pencegahan pembakaran sampah yang bisa menyebabkan pemanasan global karena dampak dari adanya pemanasan global sendiri mampu menyebabkan produktivitas lahan pekarangan menjadi tandus, merusak unsur tanah, menghilangnya keanekaragaman hayati, gangguan ekosistem, kenaikan permukaan laut, dan peningkatan suhu global.

Pasca pemaparan, mahasiswa PMI IPMAFA diajak oleh Bapak Eddy selaku pendamping lapangan BPSIP untuk melakukan observasi di lapangan.  Dalam proses observasi mahasiswa ditunjukkan berbagai hal seperti sampel tanah dari berbagai daerah, uji coba sampel dengan kandungan unsur hara, serta dijelaskan bagaimana cara mengetahui kesuburan tanah yang dapat ditanami berbagai jenis tanaman.



 Selain itu juga, segenap mahasiswa PMI IPMAFA juga ditunjukkan cara membuat biochar dan arang scam dari jonggol Jagung. Pembuatan jenis pupuk organic ini bertujuan untuk mengedukasi warga, kiranya ketika ada jonggol Jagung atau Jerami Padi tidak langsung dibakar atau dibuang,melainkan bisa dijadikan pupuk organic yang mengandung nilai tambah ekonomis petani.

Terakhir, dengan adanya kegiatan studi kunjungan di BPSIP diharapkan mahasiswa prodi PMI mampu menerapkan dan mempraktekkan pembuatan arang scam dari jonggol Jangung dengan benar dan juga bisa mengedukasi masyarakat, pentingnya menjaga lingkungan serta bisa meminimalisir pembakaran sampah organic maupun non-organik yang bisa menyebabkan pemanasan global, “terang Siswato selaku dosen pembimbing lapangan”.



0 Comments