Tingkatkan Pengetahuan dan Skill bidang Pertanian, Mahasiswa Prodi PMI Studi Lapangan di BSIP Pati

Pati (16/05/2024) - Mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati melaksanakan studi lapangan di Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) di Jaken, Pati. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai teknologi alternatif bidang pertanian. 

Studi lapangan ini merupakan bagian dari rangkaian mata kuliah Wawasan Teknologi Alternatif dan Manajemen Pengembangan Masyarakat. Siswanto, dosen pendamping lapangan, menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk menambah pengalaman dan pemahaman mahasiswa mengenai program serta kegiatan penelitian dan pengembangan pertanian di BPSIP. 

Eny Yuliana, petugas BPSIP, menjelaskan bahwa sejak beralih fungsi dari balai penelitian menjadi balai pengujian, BPSIP terus memberikan bimbingan teknis di lapangan kepada kelompok tani dan pecinta pertanian. 

Ita, salah satu praktisi lapangan di BPSIP, menambahkan bahwa permasalahan utama yang dihadapi petani adalah tanah yang terkontaminasi produk kimia, menjadikannya tandus dan tidak produktif. Upaya menyelesaikan masalah ini dengan memperbanyak penggunaan pupuk organic dan mengurangi pupuk kimia. 

Setelah pemaparan dari para narasumber, mahasiswa Prodi PMI diajak untuk melakukan observasi lapangan, mengunjungi laboratorium pertanian, biologi, gas rumah kaca, dan melihat hasil produksi dari BPSIP. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melihat secara langsung proses pengembangan sektor pertanian di BPSIP.

Dengan kegiatan studi lapangan ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh para praktisi BPSIP dan menerapkannya di lingkungan masyarakat. Pengetahuan yang diperoleh meliputi pembuatan biochar, kompos, dan pestisida. Pengetahuan ini berguna dalam upaya meningkatkan produktivitas lahan pertanian secara berkelanjutan.

Kontributor: Siswanto


0 Comments